10 Fadilah Sedekah bagi Orang Beriman


SedekahNews - Kita sering melakukan amal kebaikan terhadap orang lain yang tentunya dengan harapan amalan tersebut diridhoi Allah Swt. Berbuat kebaikan sungguh merupakan ajaran agama yang mampu mendamaikan antara sesama manusia. Salah satu amalan kebaikan dalam Islama adalah Sedekah.

Secara harfiah istilah Sedekah berasal dari bahasa arab yang dirunut dari huruf shad, dal, dan qaf. Demikian juga masih satu kaitan dengan istilah ash-shidq yang berarti benar atau jujur. Jadi istolah Sedekah menunjukkan kebenaran penghambaan seseorang kepada Allah SWT.

Secara etimologi, sedekah ialah kata benda yang dipakai untuk suatu hal yang diberikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengertian sedekah adalah pemberian kepada orang lain, dimaksudkan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT., dan diberikan kepada orang yang sangat membutuhkan tanpa mengharapkan pengganti pemberian tersebut.

Dalam pandangan Syariat Islam sedekah disunnahkan sekaligus dianjurkan untuk dikeluarkan kapan saja, tidak ada ketentuan waktu. Hal ini disebabkan karena anjuran dari al-Qur’an dan as-Sunnah untuk mengeluarkan  sedekah tidaklah terikat. Dalam al-Qur’an, Allah menyebutkan banyak ayat yang menganjurkan untuk bersedekah, diantaranya Qur’an surat  Yusuf: 88

وتصدقعلينا انالله يجزى المتصدقين

“Dan bersedekahlah kepada kami, sesungguhnya Allah memberi balasan kepada orang-orang yang bersedekah.” (QS. Yusuf : 88).[8]

Rasulullah Saw. Juga bersabda :

  انّالصّدقة لتطفئ غضب الرّبّ وتدفع ميتة السوء     

“Sesungguhnya sedekah memadamkan amarah Tuhan dan menolak kematian yang buruk.” 
(HR. At-Tirmidzi, dan Ia mengatakan bahwa hadits ini adalah hasan)

Para ahli fikih banyak berpesan agar kita senantiasa bersedekah, baik sedikit maupun banyak jumlahnya, karena di dalam shadaqah tersebut terdapat sepuluh kebaikan, lima di dunia dan lima di akhirat.

Adapun lima kebaikan di dunia adalah:

1.    Membersihkan harta.
2.    Membersihkan badan dari dosa.
3.    Menolak musibah dan penyakit.
4.    Meenggembirakan orang miskin, dan pekerjaan yang paling utama adalah menggembirakan orang-orang yang beriman.
5.    Membawa berkah dalam harta dan kelapangan rezeki.

Sedangkan lima kebaikan di akhirat adalah:

1.    Shadaqah menjadikan  pelindung baginya dari panas.
2.    Akan memperingan hisab.
3.    Akan memberatkan timbangan.
4.    Memperlancar dalam melewati shirath (jembatan menuju surga).
5.    Akan menambah derajat di surga.

Terang benderanglah ajaran Islam tentang hakekat Sedekah bagi pelaku dan penerima. Sungguh indah ajaran Islam tentang sedekah ini, patut menjadi ingatan dan renungan kita yang mengaku sebagai orang beriman. Sudah seberapa banyak kita sisihkan harta kita kepada untuk berbagi dengan sesama? Jangan-jangan kita lupa akan sedekah. Berapa banyak harta yang kita kumpulkan?, ingatlah saudara-saudaraku dunia ini hanyalah singgahan, sudahkah kita berbuat kebaikan untuk mempersiapkan akhirat kita. Semoga kita mampu mengamalkan sedekah secara konsisten dan Allah mengampuni dosa-dosa kita.
Share
 
Copyright © 2015. SUPARTI [Suara Patriot Indonesia].
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License